10 Hal yang Perlu Anda Ketahui tentang Ban Sepeda Motor (FDR)
Powered by
10 pertanyaan yang sering diajukan (meskipun hanya dalam hati) oleh para biker yaitu:
- 1. Sesungguhnya apa saja fungsi dari ban motor?
1. Sebagai pengendali arah kendaraan
2. Sebagai penanggung berat beban kendaraan termasuk penumpangnya
3. Sebagai penerus tenaga dari mesin
4. Sebagai sistem peredam/suspensi dari sepeda motor
- 2. Terdapat begitu banyak simbol dan kode pada ban. Apa saja arti dari simbol dan kode tersebut?
Ukuran Ban
TWI (Tread Wear Indicator)
TWI (tread Wear Indicator) adalah simbol untuk menunjukkan batas pemakaian ban tanda ini berupa
segitiga yang tertera di sisi ban dan tonjolan pada sela-sela pattern hal ini untuk menunjukkan batas keausan tread yang diijinkan oleh produsen untuk menjamin performa ban, jika keausan tread sudah
mencapai tanda ini maka sebaiknya ban segera diganti.
Tubeless atau Tube Type
Nomor Lot
Speed Symbol dan Load Index
Anak Panah
Beban Maksimum
Untuk informasi lebih lengkap mengenai kode dan simbol ban, silakan download file PDF berikut. Anda membutuhkan Adobe Acrobat Reader untuk membuka file PDF ini.
- 3. Mengapa ban saya cepat habis?
1. Tekanan angin kurang/berlebih
2. Beban berlebihan
3. Pengereman dan akselerasi yang berlebihan
4. Kondisi musim (Musim kemarau ban akan lebih cepat aus)
5. Power motor besar tetapi penggunaan ban relatif kecil
6. Material karet kompon ban (Kompon lunak akan lebih cepat habis daripada kompon keras)
- 4. Bagaimana cara memasang ban yang baik dan benar?
1. Gunakan peralatan yang tidak merusak ban atau velg.
2. Pastikan velg sejajar dengan rim line saat terpasang.
3. Pastikan arah putar sesuai dengan petunjuk.
4. Cek tekanan angin agar sesuai dengan standardnya.
5. Sesuaikan ukuran ban dalam terhadap ban luarnya.
6. Pastikan tidak ada benda asing seperti krikil tajam, beling atau paku di dalam ban.
7. Gunakan selalu rim tape untuk melindungi ban dalam dari tusukan spoke velg.
8. Pastikan bahwa posisi “Valve” ban dalam sesuai dengan tanda posisi “Valve” yang tertera pada ban.
9. Kencangkan mur ban dalam seperlunya.
10. Setelah mengganti ban belakang sejajarkan posisinya agar lurus terhadap ban depan untuk menghindari keolengan.
11. Setelah ban terpasang tarik beberapa kali tuas rem terutama rem hidrolik sampai terasa tekanan rem sudah kembali normal untuk menghindari terjadinya rem blong.
- 5. Bagaimana cara merawat ban agar lebih awet dan tahan lama?
1. Periksa tekanan angin dan kondisi fisik secara berkala.
2. Saat motor diparkir gunakan standard tengah untuk mengurangi tekanan pada ban pada posisi yang sama diwaktu yang lama.
3. Hindari kontaminasi dengan cairan2 kimia yang merusak,olie dan bensin segera bersihkan dengan air dan sabun jika terkena cairan tersebut.
4. Hindari kontak dengan sinar matahari dengan waktu yang lama karena akan membuat karakter karet ban berubah.
5. Demi keamanan, ganti ban yang sudah melewati batas TWI.
- 6. Tekanan angin ban tubeless saya berkurang secara tidak wajar padahal tidak tertusuk paku. Apa yang harus saya lakukan?
2. Periksa valve terhadap kebocoran ganti jika perlu.
3. Periksa bibir velg yang bersentuhan dengan ban apakah masih mulus atau sudah rusak karena bengkok, cat terkelupas, ada benda asing, permukaan kasar atau ketidaksempurnaan lainnya, perbaiki/ganti jika perlu.
4. Periksa apakah ban pernah ditambal, jika ya cek kondisinya perbaiki/ganti ban jika diperlukan.
5. Periksa kondisi velg terhadap keretakan, jika velg pernah bengkok dan dipress ulang maka ada kemungkinan velg retak sehingga velg harus diganti.
6. Periksa apakah rim line sudah sejajar dengan bibir velg, perbaiki posisinya jika perlu.
- 7. Saya memiliki ban yang sedang tidak dipakai/dipasang pada motor. Bagaimana cara saya menyimpan ban dengan baik?
2. Pastikan bahwa temperatur ruangan terjaga agar tidak terjadi perubahan suhu yang extrim secara terus menerus.
3. Penyimpanan jangan ditumpuk,sebaiknya didirikan satu persatu.
- 8. Ban Racing FDR tentu memiliki keunggulan tersendiri. Apa saja keunggulannya?
Fitur-fitur unggulan ban Racing FDR tersebut diwakilkan dalam ikon/simbol yang dapat Anda temukan pada halaman masing-masing produk ban FDR. Jadi sebelum membeli, pastikan Anda mengetahui keunggulan fitur masing-masing.
V Profile
ABLS (Advanced Bead Locking System)
SCS (Superior Chain Structure)
DC TECH (Dual Compound Technology)
- 9. Ban tubeless saya dikatakan oleh mekanik tidak bisa ditambal kecuali ditambal dengan cara khusus dari dalam, apa maksudnya?
1.Penambalan dari luar
Adalah metode penambalan yang paling banyak dan sering dilakukan oleh bengkel-bengkel tambal ban.Metode ini bisa dilakukan jika kebocoran pada ban tidak besar dan berada pada area crown.
2.Penambalan dari dalam
Adalah metode penambalan dari sisi dalam ban dengan tambahan material penambal khusus yaitu Rubber Patch. Metode ini diperlukan jika lubang kebocoran pada ban dinyatakan besar.
Jika lubang pada ban menyebabkan benang cord terputus sebaiknya ban diganti.
- 10. Saya baru saja membeli Honda New Supra X 125 CW. Ingin mengganti ban standar dengan ban Racing tubeless FDR ukuran 90/80-17, apakah bisa sesuai dengan velg bawaan pabrik?
Berikut adalah tabel Ukuran ban beserta ukuran velg yang diperbolehkan:
Untuk Rasio /60 atau /70
LEBAR | UKURAN VELG | ||||
80 | MT 1.85 | MT 2.15 | MT 2.50 | ||
100 | MT 2.50 | MT 2.75 | MT 3.00 | ||
110 | 2.50 A | MT 2.50 | MT 2.75 | MT 3.00 | MT 3.50 |
120 | MT 2.75 | MT 3.00 | MT 3.50 | MT 3.75 | |
130 | MT 3.00 | MT 3.50 | MT 3.75 | MT 4.00 | |
140 | MT 3.50 | MT 3.75 | MT 4.00 | MT 4.25 | MT 4.50 |
LEBAR | UKURAN VELG | ||||||||
50 | 1.20 | 1.40 | |||||||
60 | 1.20 | 1.40 | 1.50 | MT 1.50 | 1.60 | MT 1.60 | |||
70 | 1.40 | 1.50 | MT 1.50 | 1.60 | 1.85 | MT 1.60 | MT 1.85 | ||
80 | 1.60 | MT 1.60 | 1.85 | 2.15 | MT 1.85 | MT 2.15 | |||
90 | 1.85 | MT 1.85 | 2.15 | 2.50 | MT 2.15 | MT 2.50 | 2.50 C | ||
100 | 2.15 | MT 2.15 | 2.50 | 2.75 | MT 2.50 | MT 2.75 | 2.50 C | ||
110 | 2.15 | MT 2.15 | 2.50 | 2.75 | 3.00 | MT 2.50 | MT 2.75 | MT 3.00 | 2.50 C |
120 | 2.50 | MT 2.50 | 2.75 | 3.00 | MT 2.75 | MT 3.00 | |||
130 | 2.50 | MT 2.50 | 2.75 | MT 2.75 | 3.00 | MT 3.00 | MT 3.50 | ||
140 | MT 2.75 | MT 3.00 | MT 3.50 | MT 3.75 | |||||
150 | MT 3.00 | MT 3.50 | MT 3.75 | MT 4.00 | MT |
0 komentar:
Posting Komentar